Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Instagram pada Materi Konflik Sosial untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis
Keywords:
Berpikir Kritis, Instagram, Media PembelajaranAbstract
(1)Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D); (2) Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media video pembelajaran pada materi Konflik Sosial yang valid, praktis, dan efektif; (3) Metode yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Alessi dan Trollip, meliputi planning, design, dan development; (4) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran berbasis Instagram dinyatakan layak dengan kriteria valid, praktis, dan efektif, hasil uji kevalidan memperoleh nilai 3,82 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan memperoleh nilai 94% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji keefektifan memperoleh nilai 81%; (5) Kesimpulan dari penelitian ini bahwa media pembelajaran berbasis Instagram valid, praktis, dan efektif untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori dan Hasil Penelitian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.