Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Instagram pada Materi Konflik Sosial untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Hayatun Nisa Universitas Lampung
  • Kartini Herlina Universitas Lampung
  • Margaretha Karolina Sagala Universitas Lampung
  • Undang Rosidin Universitas Lampung

Keywords:

Berpikir Kritis, Instagram, Media Pembelajaran

Abstract

(1)Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D); (2) Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media video pembelajaran pada materi Konflik Sosial yang valid, praktis, dan efektif; (3) Metode yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Alessi dan Trollip, meliputi planning, design, dan development; (4) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran berbasis Instagram dinyatakan layak dengan kriteria valid, praktis, dan efektif, hasil uji kevalidan memperoleh nilai 3,82 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan memperoleh nilai 94% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji keefektifan memperoleh nilai 81%; (5) Kesimpulan dari penelitian ini bahwa media pembelajaran berbasis Instagram valid, praktis, dan efektif untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Downloads

Published

2024-04-20

How to Cite

Nisa, H., Herlina, K., Sagala, M. K., & Rosidin, U. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Instagram pada Materi Konflik Sosial untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori Dan Hasil Penelitian, 12(1), 55–70. Retrieved from https://jt.fkip.unila.ac.id/index.php/web/article/view/10