Uji Coba Prototipe Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris dengan Gamifikasi melalui User Experience Questionnaire (UEQ)

Authors

  • Adhitya Pratama Universitas Lampung

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Gamifikasi, User Experience Questionnaire (UEQ), Bahasa Inggris, High-Fidelity Prototype

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi kualitas pengalaman pengguna (UX) prototipe High-Fidelity media pembelajaran interaktif Bahasa Inggris yang mengintegrasikan elemen gamifikasi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan tingkat kecakapan Bahasa Inggris peserta didik di Indonesia, serta potensi media digital dan gamifikasi untuk meningkatkan keterlibatan belajar. Mengambil inspirasi dari keberhasilan aplikasi Duolingo, prototipe ini dirancang untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan efektif. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan melibatkan peserta didik SMA sebagai partisipan melalui purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ), yang mengukur enam dimensi UX: attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation, dan novelty. Hasil pengujian UEQ menunjukkan bahwa prototipe ini dinilai "Excellent" pada dimensi Attractiveness, Efficiency, Dependability, dan Stimulation, serta "Good" pada dimensi Perspicuity dan Novelty. Temuan ini mengindikasikan bahwa prototipe berhasil memberikan pengalaman pengguna yang sangat positif, khususnya dalam hal daya tarik, kemudahan penggunaan, keandalan, dan kemampuan memotivasi. Prototipe ini memiliki potensi besar untuk menjadi solusi efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar Bahasa Inggris di era digital.

Downloads

Published

2025-10-20

How to Cite

Pratama, A. (2025). Uji Coba Prototipe Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris dengan Gamifikasi melalui User Experience Questionnaire (UEQ). Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori Dan Hasil Penelitian, 13(2), 1–10. Retrieved from https://jt.fkip.unila.ac.id/index.php/web/article/view/11