Uji Coba Prototipe Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris dengan Gamifikasi melalui User Experience Questionnaire (UEQ)
Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Gamifikasi, User Experience Questionnaire (UEQ), Bahasa Inggris, High-Fidelity PrototypeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi kualitas pengalaman pengguna (UX) prototipe High-Fidelity media pembelajaran interaktif Bahasa Inggris yang mengintegrasikan elemen gamifikasi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan tingkat kecakapan Bahasa Inggris peserta didik di Indonesia, serta potensi media digital dan gamifikasi untuk meningkatkan keterlibatan belajar. Mengambil inspirasi dari keberhasilan aplikasi Duolingo, prototipe ini dirancang untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan efektif. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan melibatkan peserta didik SMA sebagai partisipan melalui purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ), yang mengukur enam dimensi UX: attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation, dan novelty. Hasil pengujian UEQ menunjukkan bahwa prototipe ini dinilai "Excellent" pada dimensi Attractiveness, Efficiency, Dependability, dan Stimulation, serta "Good" pada dimensi Perspicuity dan Novelty. Temuan ini mengindikasikan bahwa prototipe berhasil memberikan pengalaman pengguna yang sangat positif, khususnya dalam hal daya tarik, kemudahan penggunaan, keandalan, dan kemampuan memotivasi. Prototipe ini memiliki potensi besar untuk menjadi solusi efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar Bahasa Inggris di era digital.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adhitya Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.