Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar
Keywords:
Articulate Storyline, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Pemrograman Dasar SMKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan hasil belajar Pemrograman Dasar pada siswa kelas X PPLG SMK Negeri 8 Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Hasil validasi memperoleh skor 80% dari ahli materi (valid) dan 100% dari ahli media (sangat valid). Kepraktisan dinilai 75% oleh guru (praktis) dan 89,25% oleh siswa (sangat praktis). Efektivitas menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 47,6 (pre-test) menjadi 83,2 (post-test), dengan N-Gain sebesar 0,62 (kategori sedang). Hasil ini menunjukkan media yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pemrograman Dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Coky Habeahan, Rangga Firdaus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.