Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar

Authors

  • Coky Habeahan Universitas Lampung
  • Rangga Firdaus Universitas Lampung

Keywords:

Articulate Storyline, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Pemrograman Dasar SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan hasil belajar Pemrograman Dasar pada siswa kelas X PPLG SMK Negeri 8 Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Hasil validasi memperoleh skor 80% dari ahli materi (valid) dan 100% dari ahli media (sangat valid). Kepraktisan dinilai 75% oleh guru (praktis) dan 89,25% oleh siswa (sangat praktis). Efektivitas menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 47,6 (pre-test) menjadi 83,2 (post-test), dengan N-Gain sebesar 0,62 (kategori sedang). Hasil ini menunjukkan media yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pemrograman Dasar.

Downloads

Published

2025-10-20

How to Cite

Habeahan, C., & Firdaus, R. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar. Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori Dan Hasil Penelitian, 13(2), 11–21. Retrieved from https://jt.fkip.unila.ac.id/index.php/web/article/view/12