Pengembangan Video Pembelajaran Storytelling terhadap Pemahaman Editing Video pada Mata Pelajaran Konten Kreatif
Keywords:
Alumni, Game online, Intensitas bermain, Kelulusan tepat waktuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis storytelling yang valid dan praktis pada mata pelajaran Konten Kreatif di SMK Negeri 8 Bandar Lampung. Prosedur pengembangan mengacu pada model Alessi dan Trollip yang mencakup tiga tahapan, yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI DKV 2 dengan jumlah 30 siswa. Instrumen penilaian terdiri dari penilaian validasi ahli produk, validasi ahli materi, kepraktisan persepsi guru, dan uji respon siswa. Analisis ahli media dan ahli materi menggunakan analisis skor, sedangkan respon guru dan respon siswa menggunakan analisis persentase. Hasil uji validasi produk mendapatkan rata-rata skor 3,21 yang menunjukkan pada kategori validitas tinggi. Hasil uji validasi ahli materi, diperoleh rata-rata skor keseluruhan sebesar 3,18 yang menunjukkan validitas tinggi. Hasil uji kepraktisan dari persepsi guru mendapatkan rata-rata persentase kepraktisan 81% dalam kategori kepraktisan sangat tinggi. Hasil uji kepraktisan dari respon siswa mendapatkan rata-rata persentase kepraktisan sebesar 87% dalam kategori kepraktisan sangat tinggi. Media video pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak dan praktis digunakan sebagai pendukung proses pembelajaran pada mata pelajaran Konten Kreatif, khususnya pada materi dasar editing video menggunakan aplikasi CapCut.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Raifan Ahmad Kurniawan, Rangga Firdaus, Daniel Rinaldi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.