Pembelajaran Membaca Anak Down Syndrome di SD Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung

Authors

  • Hariyanto Universitas Lampung
  • Herpratiwi Universitas Lampung
  • Baharuddin Risyak Universitas Lampung

Keywords:

Down Syndrome, Membaca, Teknik Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan aktifitas belajar anak Down syndrome di SD Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung tahun pelajaran 2013-2014. Aspek yang diteliti meliputi:(1) perencanaan pembelajaran membaca, (2) pelaksanaan pembelajaran membaca, (3) kegiatan penilaian pembelajaran membaca anak Down Syndrome di SD Tunas Mekar Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif. Penelitian ini bermaksud untuk merekam fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian , misalnya prilaku, motifasi , tindakan , dll. Secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menuturkan tentang pembelajaran membaca untuk anak Down Syndrome di SD Tunas Mekar Indonesia secara berurutan dari awal, tengah dan akhir berdasarkan data yang diperoleh.Penelitian ini terfokus pada kemampuan membaca subjek, subjek tidak hanya diberi pembelajaran membaca saja melainkan subjek juga mendapat fisioterapi sebagai penunjang teknik pembelajaran.Penelitian ini mengambil subjek yang terdiagnosa Down Syndrome.Hasil penelitian ini menemukan bahwa teknik Glenn Doman dapat digunakan untuk pembelajaran membaca anak Down Syndrome.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Hariyanto, Herpratiwi, & Risyak, B. (2024). Pembelajaran Membaca Anak Down Syndrome di SD Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung. Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori Dan Hasil Penelitian, 12(2), 1–16. Retrieved from https://jt.fkip.unila.ac.id/index.php/web/article/view/17