Pengembangan e-Modul Pemrograman Dasar C++ dalam Upaya Meningkatkan Level of Understanding Siswa
Keywords:
Media Pembelajaran, e-Modul Media Pembelajaran, Tingkat Pemahaman HeyzineAbstract
Penelitian ini menghasilkan produk e-Modul Pemrograman Dasar dengan nama Meliodas yang dikembangkan dengan berbantuan Canva Pro dan Platform Heyzine. Tujuan pembuatan e-Modul Pemrograman Dasar adalah dapat menjadi media pembelajaran bagi guru dan siswa yang memudahkan dalam meningkatkan Level of Understanding siswa materi pemrograman dasar C++ di SMK. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan prosedur pengembangan Design and Development Research (DDR), terdapat empat tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Penelitian dilakukan di SMK Plus Baniii Saalim dengan sasaran siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan. Instrumen penelitian menggunakan angket uji validasi, dan angket uji kepraktisan. Uji validasi dilakukan dengan dua angket yaitu angket uji ahli media, dan angket uji ahli materi. Uji kepraktisan dilakukan dengan dua angket yaitu angket persepsi guru dan angket respon siswa. Penelitian menunjukkan bahwa e-modul Pemrograman Dasar C++ (Meliodas) dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi guru dan siswa dengan uji validasi ahli media mendapat rata-rata persentase keseluruhan sebesar 90,83% dengan kategori sangat valid, uji validasi ahli materi mendapat rata rata persentase keseluruhan sebesar 75,71% kategori valid dan uji persepsi guru mendapat rata-rata persentase keseluruhan sebesar 96,67% kategori sangat praktis dan uji respon siswa sebesar 89,17% dengan kategori sangat valid. Sehingga dapat dikatakan Meliodas memiliki tampilan yang menarik, materi yang mudah dipahami, unsur interaktif yang menarik, dan memudahkan dalam meningkatkan Level of Understanding siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rangga Firdaus, Daniel Rinaldi, Hery Dian Septama, Sadam Maulana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.