Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel bagi Siswa Smk Jurusan Elektronika di Bandarlampung

Authors

  • Didik Sri Utomo Universitas Lampung
  • Adelina Hasyim Universitas Lampung
  • Helmi Fitriawan Universitas Lampung

Keywords:

Bahan Ajar, Multimedia Interaktif, Teknik Kerja Bengkel

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pemanfaatan bahan ajar yang digunakan saat ini dalam proses pembelajaran mata pelajaran teknik kerja bengkel(2) Menghasilkan produk multimedia interaktif untuk pembelajaran mata  pelajaran  teknik  kerja  bengkel,(3)  Menganalisis  efektifitas  produk multimedia interaktif untuk pembelajaran mata pelajaran teknik kerja bengkel, (4) Menganalisis efisiensi produk multimedia interaktif untuk pembelajaran mata pelajaran teknik kerja bengkel,(5) Menganalisis daya tarik produk multimedia interaktif untuk pembelajaran mata pelajaran teknik kerja bengkel. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan, dilakukan di SMK Negeri 2 Bandar Lampung dan SMK 2 Mei Bandar Lampung. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket, selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan penelitian adalah: (1) Bahan ajar yang digunakan saat ini berupa modul dan jobsheet belum optimal dalam pembelajaran, (2) Hasil dari pengembangan ini adalah berupa produk bahan ajar multimedia interaktif menerapkan gambar teknik elektronika, (3) Bahan ajar multimedia interaktif efektif digunakan sebagai media pembelajaran dibuktikan dengan nilai gain untuk aspek kognitif 0,62 dan aspek psikomotor adalah 0,54 dan aspek sikap adalah 0,52, (4) multimedia interaktif efisien sebagai media pembelajaran dibuktikan dengan nilai rasio efisiensi pembelajaran sebesar 1,07, (5) multimedia interaktif sangat menarik untuk digunakan sebagai sebagai media pembelajaran dibuktikan dengan rata-rata skor 3,33.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Utomo, D. S., Hasyim, A., & Fitriawan, H. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel bagi Siswa Smk Jurusan Elektronika di Bandarlampung. Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori Dan Hasil Penelitian, 12(2), 52–62. Retrieved from https://jt.fkip.unila.ac.id/index.php/web/article/view/20