Pengembangan Video 3d Hologram Berbantuan Holobox pada Materi Fiber Optik untuk Melatih Literasi Visual Siswa
Keywords:
media objek 3d, fiber optik, Holobox, literasi visual, DDRAbstract
Pengembangan Video 3D Hologram berbantuan Holobox menjadi sebuah alternatif yang penting untuk membantu melatih literasi visual siswa dalam memahami materi kabel fiber optic.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan Video 3D Hologram berbantuan Holobox untuk melatih literasi visual siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model penelitian design and development research (DDR) yang terdiri atas empat tahapan yaitu: analysis, design, development, dan evaluation. Tempat penelitian dilaksanakan di kelas XI Jurusan TKJ SMK Negeri 1 Pugung. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket ahli media, angket ahli materi, angket persepsi guru, angket respon siswa, dan tes literasi visual. Analisis ahli media dan ahli materi menggunakan analisis skor, uji persepsi guru dan respon siswa menggunakan analisis persentase, dan uji efektifitas literasi visual menggunakan uji N-Gain. Hasil uji validitas mendapatkan skor ahli media 3,36 validitas sangat tinggi dan ahli media 3,59 validitas sangat tinggi. Hasil uji kepraktisan mendapatkan hasil bahwa uji persepsi guru 85% kepraktisan sangat tinggi dan uji respon siswa 86% kepraktisan sangat tinggi. Hasil uji efektifitas mendapatkan uji N-Gain sebesar 61% bahwa penggunaan Video 3D Hologram berbantuan Holobox telah efektif dan tergolong sedang untuk melatih literasi visual siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kartini Herlina, Anggia Irma Della, Rangga Firdaus, Meizano Ardhi Muhammad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.