Pengembangan Video 3d Hologram Berbantuan Holobox pada Materi Fiber Optik untuk Melatih Literasi Visual Siswa

Authors

  • Kartini Herlina Universitas Lampung
  • Anggia Irma Della Universitas Lampung
  • Rangga Firdaus Universitas Lampung
  • Meizano Ardhi Muhammad Universitas Lampung

Keywords:

media objek 3d, fiber optik, Holobox, literasi visual, DDR

Abstract

Pengembangan Video 3D Hologram berbantuan Holobox menjadi sebuah alternatif yang penting untuk membantu melatih literasi visual siswa dalam memahami materi kabel fiber optic.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan Video 3D Hologram berbantuan Holobox untuk melatih literasi visual siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model penelitian design and development research (DDR) yang terdiri atas empat tahapan yaitu: analysis, design, development, dan evaluation. Tempat penelitian dilaksanakan di kelas XI Jurusan TKJ SMK Negeri 1 Pugung. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket ahli media, angket ahli materi, angket persepsi guru, angket respon siswa, dan tes literasi visual. Analisis ahli media dan ahli materi menggunakan analisis skor, uji persepsi guru dan respon siswa menggunakan analisis persentase, dan uji efektifitas literasi visual menggunakan uji N-Gain. Hasil uji validitas mendapatkan skor ahli media 3,36 validitas sangat tinggi dan ahli media 3,59 validitas sangat tinggi. Hasil uji kepraktisan mendapatkan hasil bahwa uji persepsi guru 85% kepraktisan sangat tinggi dan uji respon siswa 86% kepraktisan sangat tinggi. Hasil uji efektifitas mendapatkan uji N-Gain sebesar 61% bahwa penggunaan Video 3D Hologram berbantuan Holobox telah efektif dan tergolong sedang untuk melatih literasi visual siswa.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Herlina, K., Della, A. I., Firdaus, R., & Muhammad, M. A. (2024). Pengembangan Video 3d Hologram Berbantuan Holobox pada Materi Fiber Optik untuk Melatih Literasi Visual Siswa. Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori Dan Hasil Penelitian, 12(2), 63–70. Retrieved from https://jt.fkip.unila.ac.id/index.php/web/article/view/22