Pengembangan Modul Berbantuan Assemblr Studio Pada Materi Perangkat Jaringan Fiber Optik Untuk Kelas X Di SMK

Authors

  • Dewi Ria Latifah Universitas Lampung
  • Pramudiyanti Universitas Lampung
  • Bayu Saputra Universitas Lampung

Keywords:

modul, assemblr studio, augmented reality, perangkat jaringan, fiber optik

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbantuan Assemblr Studio yang valid, praktis, dan efektif pada materi perangkat jaringan fiber optik untuk peserta didik kelas X di SMK. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi bahan ajar dan keterbatasan perangkat jaringan fiber optik yang tersedia di sekolah. Metode: Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk yang dikembangkan pada Assemblr Studio memuat fitur augmented reality dan barcode yang dapat dipindai melalui aplikasi Assemblr Studio untuk meningkatkan interaktivitas pembelajaran. Hasil: Hasil uji validitas menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat valid dengan skor dari ahli materi sebesar 97,9% dan dari ahli media sebesar 94,2%. Uji kepraktisan memperoleh nilai 90,9% dari respon pendidik dan 82,3% dari keterbacaan peserta didik, keduanya termasuk kategori sangat praktis. Uji efektivitas melalui perhitungan N-gain menunjukkan rata-rata kelas kontrol 0,32 (rendah) dan kelas eksperimen 0,55 (sedang), sedangkan hasil Paired Sample T-test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang menandakan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Kesimpulan: Modul pembelajaran berbantuan Assemblr Studio terbukti valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar pada materi perangkat jaringan fiber optik di SMK.

Downloads

Published

2025-04-20

How to Cite

Latifah, D. R., Pramudiyanti, & Saputra, B. (2025). Pengembangan Modul Berbantuan Assemblr Studio Pada Materi Perangkat Jaringan Fiber Optik Untuk Kelas X Di SMK. Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori Dan Hasil Penelitian, 13(1), 27–43. Retrieved from https://jt.fkip.unila.ac.id/index.php/web/article/view/3