Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Nearpod pada Materi Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Siswa Kelas X SMA
Keywords:
Informatika, Media Pembelajaran Interaktif, Nearpod, Teknologi Informasi dan KomunikasiAbstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Nearpod pada materi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kevalidan produk dari ahli media sebesar 3,38 dengan kategori sangat valid dan penilaian ahli materi sebesar 3,91 dengan kategori sangat valid. Uji coba kepraktisan yang ditinjau dari respons siswa diperoleh nilai persentase sebesar 90,70% dengan kategori praktis, dan hasil dari persepsi guru diperoleh nilai persentase sebesar 95,62% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan: Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif dapat membantu pemahaman dan keterampilan siswa pada materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan lebih baik dan menarik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori dan Hasil Penelitian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.