PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN AUTHORING TOOLS PADA PEMBELAJARAN INFORMATIKA KELAS X SMA

Authors

  • Muhammad Dika Febrianto Universitas Lampung
  • Rangga Firdaus Universitas Lampung
  • Margaretha Karolina Sagala Universitas Lampung

Keywords:

Alat Pembuat, Suite Ispring, Media Pembelajaran Interaktif, Sistem Komputer

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk media pembelajaran interaktif yang dirancang dengan bantuan Authoring Tools jenis Ispring Suite untuk materi Sistem Komputer yang valid dan praktis. Penelitian ini mengadopsi penelitian Research and Development (R&D) dengan model 3D yang memiliki tiga tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan SMA Negeri 1 Way Jepara pada peserta didik kelas X untuk mata pelajaran Informatika. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kevalidan dan kepraktisan produk yang diperoleh menggunakan angket ahli media, angket ahli materi, angket respons peserta didik, dan angket persepsi guru.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validasi produk dari ahli media sebesar 3,63 dengan kategori sangat valid dan penilaian ahli materi sebesar 3,92 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan yang didapatkan dari persepsi guru mendapatkan persentase sebesar 96,56% dengan kategori sangat praktis dan respons peserta didik mendapatkan persentase sebesar 88,96% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan Authoring Tools pada pembelajaran Informatika kelas X sangat valid dan praktis.

Downloads

Published

2025-04-20

How to Cite

Febrianto, M. D., Firdaus, R., & Sagala, M. K. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN AUTHORING TOOLS PADA PEMBELAJARAN INFORMATIKA KELAS X SMA. Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori Dan Hasil Penelitian, 13(1), 62–77. Retrieved from https://jt.fkip.unila.ac.id/index.php/web/article/view/5