Pengembangan e-Module Berbasis Model OBAK pada Materi Tipografi Kelas X SMK Desain Komunikasi Visual
Keywords:
e-Module, Hasil Belajar, Model OBAK, TipografiAbstract
Pengembangan modul elektronik berbasis model pembelajaran Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi (OBAK) dengan bantuan platform Google Sites. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Module berbasis Model OBAK pada materi Tipografi kelas X SMK Desain Komunikasi Visual yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 5 Bandarlampung. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE dengan teknik analisis data menggunakan jenis kuantitatif deskriptif. Uji coba kelompok kecil menggunakan angket respons peserta didik dan guru, sedangkan uji coba kelompok besar dengan Pre-test dan Post-test. Desain uji coba kelompok besar penelitian ini menggunakan One Group Pre-test Post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penilaian oleh ahli materi dan ahli media masing-masing sebesar 95%, uji kepraktisan melalui respons pengguna guru memperoleh 94,1% dan respons pengguna peserta didik uji coba kelompok kecil sebesar 85,75%, serta respons peserta didik terhadap Model OBAK sebesar 86,6%. Hal tersebut termasuk dalam kategori sangat valid. Uji keefektifan dengan menggunakan uji Paired Sample T-test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa hasil belajar peserta didik antara sebelum dan setelah menggunakan e-Module berbasis Model OBAK memiliki pengaruh atau perbedaan yang signifikan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-Module berbasis Model OBAK pada materi Tipografi layak digunakan dan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMK Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 5 Bandarlampung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori dan Hasil Penelitian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.