Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Prezi dalam Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Luthfi Zuliyanti Universitas Lampung
  • Rangga Firdaus Universitas Lampung
  • Nurain Suryadinata Universitas Lampung

Keywords:

Basis Data, Hasil Belajar, NHT, Prezi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis Prezi pada materi basis data kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang telah dikembangkan oleh Rahmatika (2022) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian pre- experimental bentuk one grup pretest-posttest dengan melibatkan 39 siswa kelas XI RPL di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Instrumen yang digunakan adalah 20 soal tes pilihan ganda untuk hasil belajar kognitif dan lembar penilaian ujian praktikum untuk hasil belajar psikomotorik. Hasil uji pretest dan posttest menunjukan perbandingan yang signifikan dengan nilai rata-rata nilai pretest 49,74 dan posttest 85,38 dengan rata-rata N-gain 71,62 masuk kategori tinggi. Penelitian ini menunjukan peserta didik memahami materi dan menunjukan hasil belajar pada ranah kognitif dan psikomotorik yang baik.

Downloads

Published

2024-04-20

How to Cite

Zuliyanti, L., Firdaus, R., & Suryadinata, N. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Prezi dalam Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori Dan Hasil Penelitian, 12(1), 32–42. Retrieved from https://jt.fkip.unila.ac.id/index.php/web/article/view/8